Selasa

Tips Merawat Komputer dengan Baik

Tips Merawat Komputer dengan Baik, Disini saya akan menyampaikan beberapa Tips penting bagaimana merawat komputer atau PC anda dengan benar. Biasanya kita baru merawat atau panik bila komputer kita sudah kena masalah atau ngadat atau rusak atau lemot.. hehehe... yang sebenarnya masalah tersebut dapat diminimalisir kalau kita dapat merawat komputer kesayangan kita dengan baik.

Berikut beberapa Tips dari saya :
  • Jangan meletakkan minuman atau makan di dekat komputer atau PC. Jika makanan atau minuman menumpahi komputer, maka yang terjadi kerusakan pada hardware komputer.
  • Membersihkan komputer sebaiknya menggunakan kain yang kering atau memakai Vacuum cleaner. Jangan menggunakan larutan kimia yang berbahaya bagi komputer.
Kenapa dua tips merawat komputer diatas saya tempatkan pada urutan satu dan dua ???? Karena saya dapat tugas dari guru untuk mengetik kedua Tips merawat komputer diatas dan mengirimkan ke email guru saya... wkwkwkwkwk...

Oke dilanjut beberapa tips yang lainnya agar performa komputer atau PC kita bisa ciamik meskipun yang kita punya hanya komputer jadul kayak punya saya ini.
  • Jangan mematikan Komputer atau PC dengan cara langsung menekan tombol power, usahakan windows di TURN OFF dengan sempurna, kecuali kalo komputer macet (heng kata papa saya), biasanya kondisi seperti ini lampu indikator harddisknya menyala terus tidak berkedip-kedip, cara seperti ini dapat menghilangkan data yang kita ketik dan belum disimpan atau yang lebih parah lagi File windows yang hilang, maka berdoa saja.. :)
  • Gunakan UPS untuk menjaga kestabilan tegangan listrik pada komputer atau PC, karena 70% kerusakan komputer itu berasal dari ketidak stabilan tegangan listrik.
  • Back up data anda. gunakan media penyimpanan yang terpisah jangan jadi satu di harddisk yang dipakai oleh windows, bisa di flasdisk, cd atau media penyimpanan data lainnya. Hal ini sepertinya sepele, tapi kalo harddisk kita macet dan tidak bisa dibuka lagi sedangkan data-data kita masih di dalam harddisk... Waduh.. MASALAH BUAT LOE..????!!!!
  • Sisakan space harddisk anda paling tidak 500MB atau lebih, 1 GB lebih baik, karena windows setelah baca file atau loading program pasti masih menyisakan file-file temporary yang juga memakan space harddisk anda.
  • Bersihkan file-file temporary dan registry windows anda secara berkala. sebaiknya gunakan software yang aman, banyak macamnya. (Googling aja banyak yang gratis kok)
  • Kurangi atau hilangkan software atau program yang di load secara otomatis pada startup windows, salah satu caranya yaitu klik start - run terus ketik msconfig, pilih tab startup hilangkan centangannya semua kecuali antivirus anda.
  • Scan komputer anda dengan anti virus secara teratur minimal 1 minggu sekali, gunakan software anti virus yang real time protector, jadi bila ada flasdisk asing yang terpasang otomatis anti virus akan jalan.
Sebenarnya masih banyak cara yang lain, tetapi minimal beberapa tips diatas bila anda rutin melaksanakan, pasti komputer anda performanya bisa stabil dan tips yang lainnya kita lanjut untuk posting saya selanjutnya.. udah ngantuk nih, tak tidur dulu..

Gantungan Jilbab | HP Android Note Dual GSM | Lampu Tidur Angry Birds

0 komentar:

Posting Komentar

Artikel Populer

Pengikut